Sabtu, Maret 14, 2009

Hey Mahasiswa, Jangan Sibuk Pacaran Aja!



Ide tulisan ini tercetus setelah program Ormas Berbicara yang saya pandu tadi sore. Jam tayangnya memang tiap Sabtu pukul 15.30-16.30 WIB. Menghadirkan tamu dari kalangan ormas yang ada di Pontianak bahkan mungkin tingkat nasional. Dan tadi yang menjadi narasumber saya adalah saudara seperjuangan saya di Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalbar, akh Hadidi. Beliau adalah staf Dept. Kebijakan Publik.

Sebelumnya saya kira saya akan segera melanjutkan pekerjaan saya yang lainnya di luar studio kalau saja ia benar-benar tak datang. Nyatanya saat saya hendak lanjutkan pekerjaan di meja pribadi, ia datang dengan gaya khas mahasiswa: ngaret? (Halah, gak mahasiswa juga ngaret toh, dosen misalnya, ohya pejabat juga begitu. Betul kan?)

Jadi kami pun masuklah ke studio. Asyik juga temanya: AWAS POLITISI BUSUK! Nyambung banget dengan KAMMI. Kok gitu? Ya iyalah, wong saya pentolan KAMMI abis makanya saya bisa ngomong gitu. Dan saya pun tenggelam dalam talkshow sangat dinamis dan gue banget itu. Trus apa hubungannya dengan judul di atas: HEY MAHASISWA, JANGAN SIBUK PACARAN AJA!

Sok, dilanjut.....

SIngkat dikata, waktu siaran habis, teng setengah lima sore kami telah ada di luar studio. Sambil berbincang ringan seputar aktivitas KAMMI sekarang, saya dan akh Hadidi berjalan menyusuri koridor. Saya menuju ruangan saya, akh Hadidi menuju tangga untuk meninggalkan radio.

Saya tanya padanya,"Kalo temen-temen gerakan lain maen di isu yang mana, Di?"
Belum sempat dia jawab saya sudah tanya lagi,"Eh iya, organisasi mahasiswa Islam di Kalbar apa aja ya? ***...terus...apa ya?"

Dan dia sebutkan beberapa nama: (gak usa saya tulis deh, pokoknya berlambang bintang semua, maksudnya apa? Baca aja ampe abis)

Saya menimpali jawaban akh Hadidi itu: "Iya ya banyak juga. Tapi bukannya gak mau ngundang mereka, Di. Kebanyakan aktivis mereka pada sibuk pacaran sih."

Tamu sekaligus adik seperjuangan saya itu tertawa simpul. Selanjutnya dia mohon pamit.

Sebelumnya sorry morry stoberry buat temen-temen yang mungkin tersinggung dengan pernyataan saya. Tulisan saya ini tidak bermaksud membuat keruh hubungan di antara KAMMI dan organisasi mahasiswa manapun. Asli, gak ada niat begitu. Tapi sah-sah aja toh kalo saya beropini tentang kalian, juga pada mahasiswa pada umumnya.

Jenis mahasiswa itu ada banyak dan terkait aktivitas mahasiswa yang biasanya cuma 2:

1. Mahasiswa kupu-kupu: kuliah-pulang, kuliah-pulang
2. Mahasiswa kuleb: kuliah ngeleb (alias ngetem di laboratorium gitcuh)
3. Mahasiswa kunang-kunang: kuliah-naungkrong (hihi, maksa ya...!)
4. Mahasiswa kura-kura: kuliah kerja-kuliah kerja
5. Mahasiswa kursi: kuliah organisasi
6. Mahasiswa kuncar: kuliah pacaran

De el el...di antara keenam kategori mahasiswa di atas saya sah-sah aja, asal gak yang terakhir deh...Plissss, ngurusin orang lain yang belum jadi apa-apanya kita gitu lo??? Cuape deh. Ada manfaatnya koq! Iya, somebody says it. Tapi, banyakan capenya. Pikiran, uang, tenaga, energi, waktu banyak terkuras untuk sesuatu yang belom saatnya kita keluarin. Mending ngurus orang lebih banyak lagi, yang lebih butuh perhatian daripada merhatiin seorang yang gak gentle untuk ambil langkah berani: menikahi.

Lha lha...saya koq jadi emosional gini?
Gak juga kali ya, saya cuma pengen ngingetin aja buat temen-temen mahasiswa yang sibuk kuliah-pacaran, itu-itu aja. SIBUK PACARAN? Harusnya gak gitu lah. Mumpung jadi mahasiswa, banyak-banyak deh buat something useful untuk masyarakat sekitar kita. Kita kan agent of change toh. Agen Perubahan. Masyarakat menaruh harapan pada mahasiswa, jadi berikan yang terbaik saat kamu ada di status terhormat itu: MAHASISWA.

So, man, stop deh pacarannya, kalo berani nikah, klo belom banyak-banyak berbuat untuk rakyat.


1 komentar:

Hanafi Mohan mengatakan...

Assalamu'alaikum.

Kunjungan pertama nih.

Bagus lho Blog Nana yg ini, pantas betah di sini.

Oh ya, ditunggu kunjungannya ke:
http://hanafimohan.blogspot.com/
dan
http://thenafi.wordpress.com/

Cerita bersambungku yang berjudul: "Senja Merah Jingga" kini sudah dirilis di: http://hanafimohan.blogspot.com/search/label/Cerbung%3A%20Senja%20Merah%20Jingga

Ditunggu atensinya.


Salam dari seorang sahabat,

Hanafi Mohan