Kamis, April 16, 2009

Curhat Saya: Al-Qur'an 'Palsu' Di Sekitar Kita


Sekarang ini banyak beredar kitab suci Al-Qur'an tapi gak orisinil.
Saya saat kecil sudah dikenalkan dengannya.
Dan saya yakin anda juga demikian.
Awalnya saya juga gak begitu yakin bahwa Al-Qur'an yang digunakan hampir semua umat Islam di Indonesia adalah kitab yang tidak asli.
Saya dapat ilmunya gak lebih dari 2 tahun yang lalu, kurang lebih.
Tapi saya baru paham sekarang, ternyata benar:
ADA BANYAK BEREDAR AL-QUR'AN TIDAK ORISINIL DI SEKITAR KITA, BAHKAN KITA PUN MENGGUNAKANNYA.

Bagaimana hukumnya?

Panjang kalo dijelasin via tulisan ini.
Mungkin postingan ini hanya jadi curhat saya betapa umat Islam, yah termasuk saya sendiri, kurang mampunya berinteraksi dengan sebenar-benarnya syariat, apalagi mengamalkannya secara kontinyu.

Pernah wacana tentang Al-Qur'an 'palsu' ini disampaikan ke komunitas penggiat dakwah dan rajin belajar ilmu agama. Tapi responnya kurang baik. Malahan yang menyampaikan wacana balik diceramahi:

'Umat Islam sekarang aja yang kondisinya jauh dari Qur'an, udah syukur kalo mau deket Qur'an. Kalo sekarang yang beginian disampaikan ke mereka, aduh, jangan-jangan mereka malah bingung. Trus....'


Intinya: khawatir kalo wacana begini disebarluaskan, yang ada bakal terjadi penolakan bahkan dari umat Islam sendiri. Hummm...saya ikutan bingung jadinya.

Ada juga kalangan yang ketat banget plus selektif tentang hadits shahih, maudhu dst. Tapi jujur saya gak pernah denger, at all, kalo mereka pernah angkat masalah Al-Qur'an dari sanad yang tidak shahih seperti yang tersebar selama ini, entah sudah berapa lama. Apa saya yang ketebalan daun kuping sehingga gak pernah masalah ini dibahas.

Mungkin hal pertama yang saya cek adalah: jenis Al-Qur'an apa ya yang mereka gunakan. Kalo bukan Utsmani, humm....

Yang ada di sore ini saya makin gerah aja niy...saya gerah sama banyak muslim yang gak perhatian soal nimba ilmu, refresh ilmu yang uda dimiliki, bertanya kalo gak ngerti apalagi sama yang usah ngerasa besar kepala, ngerasa di atas angin, alias uda ngerasa pinter jadi gak perlu belajar lagi. Haloooo??? Uda pinter ya...???? Trus ajarin kita-kita dunk....=)

Saya gerah sama diri sendiri yang masih koar-koar di blog dan belum banyak berbuat untuk menyebarluaskan wacana ini. Paling sama teman-teman terdekat dan murid tahsin yang dirasa bisa diajak berdiskusi tentang ini. Bisa open mind. Gak kayak katak dalam tempurung. Ups, sowri, gak bermaksud menyinggung sapapun.

Finally, i pray:
'Ya Allah, ampuni kealpaan kami dalam mempelajari ilmu kitab suci-Mu. Dan tolong sampaikan pada Baginda Nabi Muhammad Salallahu alaihi Wasallam, seorang yang Kau jadikan perantara untuk menyampaikan Qur'an pada hamba-Mu...Baginda Rasul, mohon maaf jika sekiranya interaksi kami dengan mukjizatmu itu tidaklah sesuai seperti yang kau ajarkan pada shahabat, tidak seperti yang kau harapkan. Maafkan kami...'


2 komentar:

mardee mengatakan...

bisa dicontohkan Na, Al-Quran yang palsu itu seperti apa.. yg gimana gitu.. contohnya...
biar kita juga tahu..

hanya tahu klo ada al-quran palsu, tapi tidak tahu mana yg palsu kan sama aja :P

kisundawi mengatakan...

sebenarnya lebih banyak lagi yang palsu itu tafsirnya dan di slewengkan isinya bukan seperti Rosul Muhammad contohkan dalam menjalankannya